Pembelajaran dengan
pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengonstruk
konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati
(untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis,
mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan
dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang “ditemukan”. Pendekatan saintifik
dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik dalam mengenal,
memahami berbagai materi menggunakan
pendekatan ilmiah, bahwa informasi bisa berasal dari mana saja, kapan saja,
tidak bergantung pada informasi searah dari guru. Oleh karena itu kondisi
pembelajaran yang diharapkan tercipta diarahkan untuk mendorong peserta didik
dalam mencari tahu dari berbagai sumber
melalui observasi, dan bukan hanya diberi tahu.
Thursday, March 13, 2014
CONTOH RPP 2013
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 001
Nama
Sekolah : SMA
WIJAYA PUTRA Surabaya
Mata Pelajaran :
Matematika Wajib
Kelas/Semester : X/2
Materi
Pokok : Barisan dan Deret Bilangan
Alokasi
Waktu : 2 × 45 menit
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan kegiatan diskusi kelompok dalam pembelajaran
barisan dan deret bilangan ini diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan
pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab
pertanyaan, memberi saran dan kritik serta
1.
siswa dapat
menentukan rumus suku ke-n dari suatu
barisan bilangan aritmetika.
2.
siswa dapat
menentukan suku ke-n dari suatu barisan bilangan aritmetika.
B.
KOMPETENSI
DASAR
2.1. Memiliki motivasi internal,
kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa
percaya diri, dan
sikap toleransi dalam perbedaan strategi
berpikir dalam memilih
dan menerapkan strategi
menyelesaikan
masalah.
2.2. Mampu
mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh
mengadapi
masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar
matematika.
2.3. Menunjukkan
sikap bertanggung jawab,
rasa
ingin tahu, jujur dan
perilaku peduli lingkungan.
3.8.
Memprediksi pola barisan dan
deret aritmetika
dan geometri atau barisan.
lainnya melalui pengamatan
dan
memberikan alasannya.
4.8. Menyajikan
hasil, menemukan pola barisan dan deret dan penerapannya dalam penyelesaian masalah
sederhana.
C.
INDIKATOR
PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.
Terlibat
aktif dalam pembelajaran barisan dan deret bilangan.
2.
Bekerjasama
dalam kegiatan kelompok.
3.
Toleransi
terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4.
Menentukan rumus suku ke-n dari suatu barisan bilangan aritmetika
5.
Menentukan suku ke-n dari suatu barisan bilangan aritmetika.
PERMEN KURIKULUM 2013
Dasar pelaksanaan kurikulum 2013 salah satunya adalah Peraturan yang telah di tetapkan oleh Pemerintah.
Untuk itu perlu kiranya kita memahami terlebih dahulu Permen yang ada sebelum kita melaksanakan Kurikulum 2013. Selengkapnya Klik disini
Untuk itu perlu kiranya kita memahami terlebih dahulu Permen yang ada sebelum kita melaksanakan Kurikulum 2013. Selengkapnya Klik disini
Subscribe to:
Posts (Atom)