Thursday, March 13, 2014

Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013



Pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa agar  peserta didik secara aktif mengonstruk konsep, hukum atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati (untuk mengidentifikasi atau menemukan masalah), merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang “ditemukan”. Pendekatan saintifik dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada peserta didik dalam mengenal, memahami  berbagai materi menggunakan pendekatan ilmiah, bahwa informasi bisa berasal dari mana saja, kapan saja, tidak bergantung pada informasi searah dari guru. Oleh karena itu kondisi pembelajaran yang diharapkan tercipta diarahkan untuk mendorong peserta didik dalam mencari tahu dari berbagai sumber  melalui observasi, dan bukan hanya diberi tahu.

CONTOH RPP 2013




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nomor : 001

Nama Sekolah   : SMA WIJAYA PUTRA Surabaya
Mata Pelajaran  : Matematika Wajib
Kelas/Semester : X/2
Materi Pokok     : Barisan dan Deret Bilangan
Alokasi Waktu  : 2 × 45 menit

A.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Dengan kegiatan diskusi kelompok dalam pembelajaran barisan dan deret bilangan ini diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik serta 
1.  siswa dapat menentukan rumus suku ke-n dari suatu barisan bilangan aritmetika.
2.  siswa dapat menentukan suku ke-n  dari suatu barisan bilangan aritmetika.

B.    KOMPETENSI DASAR
2.1. Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.2. Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
2.3. Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.
3.8. Memprediksi pola barisan dan deret aritmetika dan geometri atau barisan. lainnya melalui pengamatan dan memberikan alasannya.
4.8. Menyajikan hasil, menemukan pola barisan dan deret dan penerapannya dalam penyelesaian masalah sederhana.

C.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1.  Terlibat aktif dalam pembelajaran barisan dan deret bilangan.
2.  Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
3.  Toleransi terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4. Menentukan rumus suku ke-n dari suatu barisan bilangan aritmetika
5.  Menentukan suku ke-n  dari suatu barisan bilangan aritmetika.

PERMEN KURIKULUM 2013

Dasar pelaksanaan kurikulum 2013 salah satunya adalah Peraturan yang telah di tetapkan oleh Pemerintah.
Untuk itu perlu kiranya kita memahami terlebih dahulu Permen yang ada sebelum kita melaksanakan Kurikulum 2013. Selengkapnya Klik disini